Fimosis Adalah Kondisi Kulup Tidak Bisa Tertarik Ke Belakang?

Pada kalangan pria yang belum disunat atau tidak ingin menjalankan prosedur tersebut, kondisi penis fimosis adalah mereka masih mempunyai kulup yang menempel di ujungnya. Kulit kulup penis pada umumnya bisa ditarik ke belakang atau mengerut mundur ketika ereksi.

Walaupun begitu, terdapat berbagai kemungkinan masalah yang akan menyerang. Salah satunya yakni fimosis, ketika kulit kulup penis tidak dapat ditarik ke belakang, apa penyebabnya? Bahayakah jika Anda mengalami kondisi tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: BAGAIMANA JIKA PRIA TIDAK MENJALANKAN KHITAN DEWASA?

konsultasi

Apakah Fimosis Adalah Kondisi Kulup Tidak Bisa Tertarik Ke Belakang?

Kulit kulup mempunyai peran dari kulit penis. Kulup berfungsi untuk melindungi kepala penis dari berbagai gesekan dan kontak langsung dengan pakaian. Ketika kulit kulup tidak bisa ditarik kebelakang atau mengerut mundur melewati kepala saat proses ereksi, kondisi ini disebut dengan fimosis.

Fimosis adalah infeksi dengan bentuk karet gelang yang melingkari kulup di sekitar ujung penis, sehingga akan mencegah kulit kulup tertarik penuh sampai ke belakang.

konsultasi

fimosis adalah

Apa Penyebab Seorang Pria Mengidap Penyakit Fimosis?

Fimosis adalah kondisi yang pada umumnya menyerang bayi, anak laki-laki yang belum disunat. Ini disebabkan kulit kulup akan menempel pada kepala penis dalam beberapa tahun pertama bayi atau sepanjang mereka hidup, namun belum pernah menjalankan proses sunat.

Kulup penis anak yang mengalami fimosis pada umumnya mulai bisa ditarik ke belakang pada usia 3 tahun. Walau begitu, tidak menutup kemungkinan remaja dan kalangan pria dewasa bisa mengalami masalah ini.

Pada kalangan dewasa, terdapat sejumlah faktor dan resiko penyebab fimosis. Walau sudah disunat, pria dewasa lebih mungkin mengalami fimosis jika mempunyai infeksi saluran kencing yang mengakibatkan sering berkemih, tidak merawat kebersihan penis, infeksi pada kulit kulup, dan menarik kulup terlalu keras misalnya ketika mastrubasi.

Berbagai masalah ini akan menyebabkan timbulnya jaringan parut di area kepala penis, sehingga kulit kulup tidak dapat ditarik kebelakang. Beragam kondisi lainnya akan meningkatkan resiko kulup penis tidak bisa ditarik kembali secara permanen, seperti:

•Timbulnya bercak merah serta kerak kulit mati pada kulit

•Terdapat ruam serta gatal di bagian tubuh, namun tidak menular

•Penis mengalami eksim, ditandai dengan kulit penis yang kering, menimbulkan warna merah, gatal dan pecah-pecah.

konsultasi

Apa Gejala Yang Ditimbulkan Dari Fimosis?

Fimosis adalah kondisi yang pada umumnya tidak akan pernah menimbulkan gejala selain kulup penis yang tidak mampu ditarik kebelakang. Namun beberapa kalangan kemungkinan akan merasakan nyeri ketika ereksi, menyebabkan pembengkakan, kulit menjadi kemerahan, dan lain sebagainya.

Jika kondisi semakin parah, kondisi ini akan mengganggu saluran urin, infeksi kelenjar kulup, mengakibatkan peradangan pada penis, hingga parafimosis atau ketika kulup macet, dan pada akhirnya menghentikan aliran darah ke ujung penis.

Bagaimana Proses Pengobatan Untuk Kondisi Ini?

Pilihan pengobatan akan disesuaikan dengan tanda dan gejala yang terjadi. Sebagian besar kasus balanitis bisa diobati secara rutin dengan mengoleskan krim pada area kulup, serta jaga kebersihan penis setiap harinya, jangan lupa menjaganya akan tetap kering.

Sementara pada kasus yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur, mungkin dokter akan menyarankan penggunaan antibiotik atau krim antijamur untuk mengatasi masalah Anda. Mengenai informasi lebih lanjut segera lakukan konsultasi di Klinik Apollo Jakarta atau 081233881616. Demikian mengenai fimosis adalah gangguan pada pria, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.