Fimosis Adalah Kulup Penis Yang Melekat Kencang

Fimosis adalah suatu kondisi dimana kulup penis terlalu ketat untuk ditarik kembali ke kepala penis. Kondisi ini dapat menyebabkan beberapa masalah dengan aktifitas seksual dan gejala lainnya. Pengobatan untuk fimosis biasanya dengan sunat. Sunat adalah salah 1 solusi yang tepat. Ada 2 jenis fimosis pada pria diantaranya adalah:

• Fimosis Fisiologis
Kondisi yang paling umum dan ada sejak lahir.

• Fimosis Sekunder
Dapat terjadi pada setiap tahap dalam hidupnya, contohnya setelah infeksi atau trauma lokal.

Pengertian Fimosis Adalah

Fimosis adalah kondisi umum dimana kulup penis tidak dapat ditarik cukup jauh hingga kepala penis muncul. Kondisi parah jarang terjadi pada anak laki-laki dan dapat menghilang sebelum pubertas. Namun jika terganggu maka dapat disarankan untuk melakukan pengobatan. Pengobatan terdiri dari penerapan obat-obatan pada penis atau operasi.

Fimosis adalah penyempitan pembukaan kulup sehingga tidak dapat ditarik kembali ke ujung penis. Kondisi ini adalah kejadian yang normal pada bayi laki-laki yang baru lahir, akan tetapi seiring waktu, kulit yang melekat pada ujung penis dapat ditarik kembali ketika kulit khatan mengendur. Pada usia 17 tahun, sebagian dapat menarik kembali kulit khatannya. Fimosis juga dapat terjadi jika kulup dipaksa kembali sebelum siap ditarik. Hal ini daat menyebabkan terbentuknya bekas luka berserat yang dapat mencegah pencabutan kulup dimasa yang akan datang.

Penyebab Umum Fimosis Adalah

Fimosis bisa bersifat bawaan (sejak lahir) atau didapat (terjadi pada suatu saat dalam kehidupannya). Penyakit yang berhubungan dengan fimosis yaitu:

• Peradangan yang kronis pada kelenjar dan kulup (balanoposthitis) dan infeksi jamur (mikosis) yang tidak diobati dengan benar.
• Diabetes mellitus. Karena diabetes mellitus adalah salah 1 faktor predispositori utama untuk inflamasi di area tersebut. Diabetes mellitus juga dapat menyebabkan fimosis.
• Cedera saat berhubungan seksual.

Kenali Tanda Dan Gejala Fimosis Pada Pria

Setiap orang kemungkinan mengalami gejala fimosis yang berbeda dan gejalanya dapat termasuk:

• Kulit khatan terlihat saat kencing.
• Ketidakmampuan untuk sepenuhnya menarik kulup pada saat usia 3 tahun (kemungkinan membutuhkan proses yang lebih lama).

Cara Mendiagnosis Fimosis Adalah

Pemeriksaan fisik oleh dokter biasanya dengan konsuling mengenai informasi yang memuaskan untuk membuat diagnosis. Salah 1 cara untuk mengkonfirmasi keberadaan fimosis yaitu dengan mencoba menarik kulit yang menutupi kelenjar penis secara alami. Ketika tidak dapat melihat kelenjar secara penuh, maka dapat menunjukkan fimosis.

Pengobatan terbaik ditentukan berdasarkan usia. Pemeriksaan pertama untuk keberadaan fimosis dilakukan pada bayi laki-laki yang baru lahir. Umumnya ketika fimosis sekunder muncul pada usia remaja atau dewasa, pria biasanya dapat mengamati sendiri kesulitan dalam menarik kulup. Jika melihat adanya masalah ini, maka disarankan segera lakukan konsultasi dengan dokter.

Fimosis Adalah02

Bagaimana Cara Menangani Pria Dengan Fimosis?

Pengobatan dapat berupa konservatif atau bedah seperti:

• Pengobatan Konservatif
Ketika fimosis berada pada tahap awal dan disebabkan oleh beberapa penyakit dermatologis atau peradangan di area tersebut, dokter kemungkinan merekomendasikan penggunaan beberapa pengobatan yang kemungkinan efektif. Namun ketika kulup kehilangan elastisitas dan ketahanannya dan telah menjadi jaringan aprut, farmakoterapi tidak ada gunanya dan pengobatan bedah dapat direkomendasikan.

• Pengobatan Bedah
Sunat adalah prosedur pembedahan yang dilakukan pada sebagian besar penderita dengan fimosis. Kulit patologis dihilangkan, diikuti dengan penjahitan plastik kulit khatan. Biasanya dilakukan dibawah anestesi lokal. Komplikasi jarang terjadi seperti hematorma atau infeksi trauma. Ada beberapa variasi tekhnik yang terutama berkaitan dengan jumlah kulit yang akan dihilangkan.

Pengobatan lebih lanjut bisa dikonsultasikan dengan dokter di Klinik Apollo. Untuk menghubungi kami bisa dengan menggunakan nomor 081233881616 atau dengan layanan konsultasi medis secara online dibawah ini. Biayanya juga sangat terjangkau, namun pengobatan yang dilakukan berstandar nasional. Oleh karena itu percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo.