Phimosis Adalah Kulit Khatan Ketat Pada Pria

Phimosis adalah ketika kulup terlalu kencang dan dapat menutup kepala (glans) penis yang dapat menyebabkan kondisi. Beberapa anak laki-laki dilahirkan dengan phimosis (phimosis fisiologis) yang biasanya sembuh dengan sendirinya. Beberapa anak laki-laki dapat mengembangkan phimosis dari waktu ke waktu (phimosis patologis). Phimosis patologis dapat diobati dengan 2 cara yaitu menggunakan steroid topikal atau dengan menjalani sunat.

konsultasi

Pengertian Umum Phimosis Adalah

Pada pria yang tidak disunat, kepala (glans) penis ditutupi oleh selubung kulit yang dikenal dengan kulup. Phimosis adalah suatu kondisi dimana kulit khatan meregang erat di sekitar kepala (glans) penis dan tidak dapat ditarik kembali dengan bebas. Phimosis dapat terjadi secara alami. Misalnya pada pria remaja dari usia 4 tahun, biasanya sulit untuk menarik kembali kulit khatannya. Namun pada pria dewasa, phimosis sering dipicu oleh infeksi dibawah kulup (balanitis) atau oleh kondisi medis lainnya seperti diabetes (kencing manis).

konsultasi

Penyebab Utama Phimosis Adalah

Penyebab phimosis adalah sebagai berikut :

• Jaringan Parut

Infeksi yag dapat melukai kulit khatan yang kemungkinan membuat kulit kurang melar. Jaringan yang keras dapat membuatnya sulit untuk menariknya kembali.

• Menarik Dan Meregangkan

Tidak boleh menggerakkan kulup dengan paksa. Karena menarik atau menergangkannya dapat menyebabkan sakit dan peradangan yang akhirnya dapat mengarah pada phimosis.

konsultasi

• Penuaan

Perubahan yang sama yang terjadi pada kulit dengan usia seperti keriput dan kelonggaran terjadi pada kulit khatan. Kemungkinan jika adanya ereksi.

• Kondisi Medis

Jika menderita diabetes (kencing manis), kemungkinan besar menderita balanitis, infeksi ujung penis. Maka konsultasikan dengan dokter mengenai riwayat medis secara lengkap sehingga dapat mengobatinya dengan benar.

Phimosis fisiologis muncul saat lahir dan sembuh tanpa intevensi. Sebagian besar pada anak-anak tidak akan memiliki kulit khatan yang sepenuhnya dapat ditarik saat lahir akan tetapi dengan bertambahnya usia maka harus bisa menarikanya. Phimosis patologis disebabkan oleh jaringan parut, balanitis dan faktor risiko medis yang mendasarinya.

Phimosis Adalah

Apa Saja Gejala Pada Phimosis?

Dalam ke 2 kondisi tersebut, kulup akan tersangkut di 1 area, baik di ujung penis atau di belakang penis. Ketidakmampuan kulit khatan untuk menarik dapat menyebabkan kesulitan dalam membersihkan area yang dapat menyebabkan balanitis. Dengan phimosis, kemungkinan juga memiliki tanda-tanda phimosis seperti :

• Kulit khatan akan mengembang saat kencing seperti balon. Biasasanya sangat menyakitkan dan kemungkinan adanya darah saat kencing. Alirannya kemungkinan tampak lebih lemah dari biasanya.
• Ketika berhubungan seksual kemungkinan terasa sakit saat ereksi.
• Infeksi saluran kemih kemungkinan terjadi. Gejala-gejalanya meliputi darah dalam urine, rasa sakit atau terasa terbakar ketika kencing, keinginan untuk mengosongkan kandung kemih dan rasa sakit atau adanya tekanan di perut bagian bawah atau punggung.
• Terasa nyeri pada kulup dan kemungkinan adanya debit juga.
• Bukaan kulup memiliki cincin berwarna putih yang terlihat seperti jaringan parut.
• Kesulitan kencing.
• Kencing yang menyakitkan.
• Ereksi yang menyakitkan.
• Paraphimosis.

Phimosis adalah adanya pembengkakan yang menyakitkan di kepala (glans) penis atau di seluruh organ.

konsultasi

Bagaimana Phimosis Dilakukan Diagnosis?

Dokter biasanya dapat mengetahui seseorang yang memiliki salah 1 dari kondisi ini dengan melakukan konsultasi dengan penderitanya dan menjelaskan setiap gejala yang dialaminya atau dengan melakukan beberapa tes atau pengujian. Karena untuk kasus ini sudah banyak terjadi pada kebanyakan orang. Oleh karena itu tidak harus merasa malu untuk mengkonsultasikannya.

konsultasi

Cara Mengobati Phimosis Dengan Tepat

Phimosis bisa diobati oleh dokter. Pengobatan dilakukan tergantung pada keparahan kondisi yang dialami. Selain itu juga harus mempertimbangkan penyebab masalahnya dan mengetahui solusi yang tepat untuk dilakukan. Dokter biasanya dapat merekomendasikan dengan :

• Pengobatan steroid yang diterapkan pada kulup beberapa kali dalam 1 hari selama beberapa minggu dan bisa mengendurkan kulit.
• Sunat dapat dilakukan secara parsial atau secara penuh.

Phimosis adalah kondisi yang tidak perlu dikhawatirkan dan dapat diobati jika diketahui sejak dini. Lakukan pengobatan penyakit ini hanya di Klinik Apollo. Dengan cara menghubungi nomor kami di 081233881616 atau dengan cara mengkonsultasikannya melalui layanan seperti dibawah ini. Karena Klinik Apollo sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya.

Baca Juga : FIMOSIS ADALAH KULUP PENIS YANG MELEKAT KENCANG

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.