Epididimis Bisa Sebabkan Kemandulan?

Epididimitis merupakan sebuah masalah yang menyebabkan timbulnya peradangan pada epididimis, yakni sejumlah tabung yang mempunyai fungsi mengumpulkan atau menyimpan sperma. Bagian ini akan melekat pada belakang setiap testis.

Gejala yang umumnya terjadi ketika seseorang mengidap epididymitis yakni rasa nyeri pada skrotum. Pada umumnya, hal ini disebabkan oleh infeksi. Jadi epididimitis disebabkan oleh infeksi bakteri sekunder yang bisa dipicu oleh berbagai jenis kondisi.

Misalnya seperti infeksi menular seksual atau infeksi saluran kemih. Bakteri yang ada pada tabung akan membawa urin serta sperma dari penis atau uretra untuk bergerak melewati struktur dan reproduksi ke epididimis.

Seseorang yang mengidap epididimitis bisa ditangani dengan konsumsi obat antibiotic dan istirahat penuh. Beberapa pengidap epididymitis bisa berkembang menjadi semakin parah, serta dapat mengalami peradangan, walaupun tidak terjadi infeksi.

Baca juga: EPIDIDIMITIS MENGINTAI ORGAN REPRODUKSI PRIA?

Apakah Epididimis Bisa Sebabkan Kemandulan?

Salah satu komplikasi dari epididymitis yakni hancurnya epididimis, masalah ini dapat menyebabkan kemandulan. Hal tersebut disebabkan karena infeksi yang terjadi tidak segera memperoleh penanganan. Sehingga, infeksi menyerang testis dan menyebabkan kemandulan atau rasa sakit dalam jangka panjang.

Epididymitis yang menyerang seseorang akan menimbulkan beberapa tanda dan gejala, seperti rasa nyeri dan bengkak pada satu bagian testis saja. Gangguan ini pada umumnya akan menyerangkan usia 16 hingga 36 tahun. Berikut beberapa gejala yang bisa terjadi pada seseorang pengidap epididimis:

•Testis membesar dan bengkak disertai rasa sakit

•Terdapat sensasi terbakar ketika buang air kecil

•Merasa sering ingin buang air kecil

•Nyeri pada panggul dan perut

•Darah akan keluar bersamaan dengan urin

•Penderita akan mengalami demam dan panas dingin

•Sakit ketika ejakulasi

Untuk memastikan seseorang mengidap epididymis, tindakan medis pada skrotum bisa di jalankan untuk menunjukan apabila terjadi beberapa hal yang tidak biasa. Sebagian besar pengidap epididimitis parah akan merasakan tanda dan gejala dalam jangka panjang.

epididimis

Penyebab Pada Penyakit Epididimitis

Epididimis merupakan infeksi yang disebabkan oleh banyak hal, termasuk infeksi saluran kemih yang jarang terjadi pada pria. Jadi epididimitis yang disebabkan oleh bakteri merupakan hal yang paling sering terjadi dan menyebabkan gangguan akut.

Bakteri pada uretra akan masuk pada struktur kemih dan reproduksi ke epididimis. Selain itu, infeksi mudah masuk ke epididymis melalui aliran darah. Pada kalangan pria yang aktif berhubungan seksual, klamidia menjadi bakteri yang paling umum menyebabkan epididymis.

Namun pada kalangan pria dengan usia 36 keatas, infeksi yang terjadi disebabkan oleh peradangan saluran kemih karena bakteri jenis E Coli. Hal tersebut terjadi pada anak laki-laki yang belum pubertas, pria yang aktif berhubungan seksual dengan sesama jenis dan orang tua.

Penyebab epididimitis yang hadir oleh non infeksi pada umumnya dikarenakan urin steril. Hal ini bisa menyebabkan peradangan pada obstruksi saluran kemih. Di samping itu, berbagai bentuk epididymis bisa disebabkan oleh prosedur pembedahan genito urin seperti salah satunya kateter urine.

Komplikasi Pada Penyakit Epididimitis

Epididymitis yang tidak segera ditangani akan menyebabkan berbagai gangguan akut, sehingga menimbulkan berbagai komplikasi, diantaranya:

•Epididimitis kronis, yakni peradangan epididimis menjadi semakin parah, bahkan bisa terjadi ketika tidak ada infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

•Epididymis infeksi, yakni bisa menyebar dari skrotum kebagian struktur atau sistem tubuh lainnya.

•Epididymis rusak yakni peradangan yang terlalu sering dan bisa merusak bagian tersebut secara permanen bahkan merusak testis. Hal ini bisa menyebabkan kemandulan pada pengidapnya.

Bagi Anda yang merasakan tanda dan gejala yang mengganggu, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Untuk reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai epididimis, semoga bermanfaat.