Uretritis Adalah Terjadinya Pembengkakan Pada Uretra

Uretritis adalah peradangan uretra yaitu saluran yang membawa urine keluar dari tubuh. Uretritis biasanya disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS). Atau akibat dari cedera dari kateter urine atau paparan bahan kimia yang dapat mengiritasi seperti antiseptik atau spermisida. Namun untuk mengetahui penyebabnya lebih jelas lakukan konsultasi dengan dokter.

Pengertian Awal Uretritis Adalah

Uretritis adalah peradangan dan pembengkakan uretra atau saluran sempit yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh. Serta dapat menyebabkan kesulitan atau terasa sakit saat kencing. Uretritis biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus. Iritasi kimia juga dapat memicu kondisi ini. Kondisi ini berbeda dari infeksi saluran kemih (ISK) yang biasanya mempengaruhi seluruh saluran kemih. Kondisi ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual tanpa kondom. Jika seorang wanita memiliki infeksi vagina maka dapat menularkannya ke pasangan pria.

Penyebab Umum Uretritis Adalah

Sebagian besar kasus uretritis terjadi ketika bakteri memasuki uretra. Bakterial uretritis dapat berupa uretritis gonokokal yang disebabkan oleh Neisseria Gonorrhoeae atau uretritis non gonokokal (NGU) yang disebabkan oleh Chlamydia Trachomatis atau Mycoplasma Genitalium. Infeksi gonore (kencing nanah) dan klamidia sering terjadi secara bersamaan. Chlamydia adalah salah 1 infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum dan menyerang pria dan wanita. Penyebab virus yang paling umum adalah Herpes Simpleks Virus (HSV) dan Cytomegalovirus. Penyebab lainnya dari uretritis adalah:

• Sindrom Reiter.
• Adenovirus.
• Ureaplasma Urealyticum.
• Trichomonas Vaginalis.
• Escherichia Uropathogenic (E. Coli).

Uretritis juga dapat terjadi akibat dari cedera atau sensitifitas terhadap bahan kimia yang digunakan didalam sabun, busa kontrasepsi dan spermisida. Disinfektan, antiseptik atau produk lain dapat meneybabkan peradangan. Kerusakan yang disebabkan oleh gesekan selama kontak seksual atau masturbasi juga dapat menyebabkan peradangan pada pria.

Kenali Beberapa Gejala Pada Uretritis

Baik pria maupun wanita dapat mengalami uretritis, akan tetapi gejalanya sedikit berbeda. Beberapa orang tidak memiliki gejala. Pada wanita, gejala uretritis adalah sebagai berikut:

• Keputihan yang tidak biasa.
• Nyeri panggul (pelvic) dan perut.
• Nyeri saat hubungan intim.
• Sering kencing atau kencing yang mendesak.
• Demam dan menggigil.
• Sakit perut.
• Terasa gatal.

Pada pria, gejala uretritis adalah sebagai berikut:

• Adanya darah dalam urine atau dalam air mani.
• Ejakulasi yang menyakitkan.
• Cairan yang keluar dari penis.
• Sensasi terbakar saat kencing.
• Terasa gatal, nyeri dan tertekan atau bengkak pada penis.
• Pembesaran kelenjar getah bening di area pangkal paha.

Demam kemungkinan terjadi pada pria namun pada kondisinya jarang terjadi.

Bagaimana Diagnosis Akurat Untuk Uretritis?

Pada pria, dokter biasanya melakukan pemeriksaan perut, skrotum, penis dan kandung kemih untuk setiap pembengkakan atau cairan berwarna putih. Selain itu juga dengan menyebarkan meatus urine secara terpisah untuk melihat adanya kelainan. Meatus urine adalah lubang urine meninggalkan tubuh. Metode usap dimasukkan ke dalam uretra dan kemudian dilakukan pemeriksaan dibawah mikroskop.

Wanita biasanya menjalani pemeriksaan perut dan panggul (pelvic) untuk memeriksa kelembutan uretra dan perut bagian bawah. Selain itu juga dengan memeriksa cairan yang keluar dari uretra. Sistoskopi adalah dimana tabung dimasukkan ke dalam kandung kemih dapat digunakan. Tes atau pengujian diagnostik yang kemungkinan direkomendasikan meliputi:

• Menghitung darah secara lengkap.
• Tes atau pengujian protein C reaktif.
• Tes atau pengujian untuk memeriksa IMS seperti gonore (kencing nanah) dan klamidia.
• Tes atau pengujian urine.

Pada wanita dapat menjalani tes atau pengujian USG panggul (pelvic).

Uretritis Adalah01

Cara Tepat Dalam Mengobatai Uretritis

Pengobatan akan bertujuan untuk mengobati penyebab uretritis dan untuk mencegah penyebaran atau penularan infeksi. Pengobatan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Jika penderitanya memiliki infeksi bakteri, pengobatan antibiotik akan diresepkan. Pengobatan lain juga bisa efektif dalam mengobati uretritis ketika dikaitkan dengan klamidia akan tetapi jenis lain seperti Mycoplasma Genitalium tampaknya merespons lebih baik.

Ada juga kekhawatiran mengenai beberapa jenis Mycoplasma Genitalium resisten terhadap beberapa pengobatan antibiotik dan membuat pengobatan lebih sulit bekerja dengan baik. Pengobatan non steroid dan pengobatan anti inflamasi dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Selain itu pengobatan lain juga dapat digunakan untuk mengobati rasa sakit dan dapat mengurangi keinginan untuk kencing dan frekuensi kencing.

Semua pengobatan ini harus sesuai dengan resep dokter. Oleh karena itu harus dilakukan konsultasi dan pemeriksaan awal terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya di Klinik Apollo. Atau bisa juga dengan menghubungi kami di nomor 081233881616 atau konsultasi medis secara online dibawah ini. Percayakan pengobatan Anda di Klinik Apollo.