Endometriosis Adalah Gangguan Pada Jaringan Yang Melapisi Rahim

Endometriosis adalah kondisi ginekologis yang tidak dapat disembuhkan akan tetapi dapat dikelola. Endometriosis adalah kondisi yang dapat terjadi ketika implan endometrium terdiri dari jaringan yang biasanya ditemukan di dalam rahim terdapat di area lain dari tubuh. Ketika jaringan terus menebal, memecah, merespons hormon siklus menstruasi dan berdarah selama siklus menstruasi, endometriosis terbentuk jauh di dalam tubuh. Jaringan parut dan adhesi terbentuk dan ini dapat menyebabkan fusi organ dan perubahan anatomi. Endometriosis dapat berpengaruh pada sebagian wanita yang berusia 15 tahun hingga 44 tahun.

Pengertian Endometriosis Adalah

Endometriosis adalah gangguan yang sering menyakitkan dimana jaringan yang biasanya melapisi bagian dalam rahim atau endometrium yang tumbuh di luar rahim. Endometriosis paling sering melibatkan indung telur, saluran tuba dan jaringan yang melapisi panggul (pelvic). Jaringan endometrium dapat menyebar atau menular di luar organ panggul (pelvic).

Dengan endometriosis, jaringan endometrium yang terlantar terus bertindak seperti baisanya dan menebal, rusak serta berdarah setiap siklus menstruasi. Karena jaringan yang dipindahkan ini tidak memiliki cara untuk keluar dari tubuh, oleh karena itu menjadi terperangkap. Ketika endometriosis melibatkan ovarium, kista yang disebut endometrioma dapat terbentuk.

Jaringan yang mengelilingi dapat teriritasi, akhirnya mengembangkan jaringan parut dan adhesi, pita abnormal (tidak normal) dari jaringan fibrosa yang dapat menyebabkan jaringan panggul (pelvic) dan organ saling menempel. Endometriosis dapat menyebabkan rasa sakit, terkadang parah terutama selama periode menstruasi. Masalah kesuburan juga dapat berkembang.

Penyebab Utama Endometriosis Adalah

Meskipun penyebab pasti endometriosis tidak pasti, penyebabnya dapat meliputi:

• Menstruasi Retrograde
Sel-sel endometrium yang bergeser ini menempel pada dinding panggul (pelvic) dan permukaan organ panggul (pelvic), area tumbuh dan terus menebal dan berdarah selama setiap siklus menstruasi.

• Transformasi Sel Peritoneum
Induksi terhadap hormon atau faktor kekebalan tubuh yang mendorong transformasi sel peritoneal atau sel yang melapisi sisi dalam perut menjadi sel endometrium.

• Transormasi Sel Embrionik
Hormon seperti hormon estrogen dapat mengubah sel-sel embrionik atau sel-sel pada tahap awal perkembangan menjadi implan sel endometrium selama masa pubertas.

• Implantasi Bekas Luka Bedah
Setelah operasi seperti histerektomi atau operasi caesar, sel endometrium dapat menempel pada sayatan bedah.

• Transportasi Sel Endometrium
Sel pembuluh darah atau cairan jaringan (limfatik) dapat mengangkut sel endometrium ke bagian lain dari tubuh.

• Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh
Masalah dengan sistem kekebalan kemungkinan membuat tubuh tidak dapat mengenali dan menghancurkan jaringan endometrium yang tumbuh di luar rahim.

Tanda Dan Gejala Endometriosis

Gejala utama endometriosis adalah nyeri panggul (pelvic) dan sering dikaitkan dengan periode menstruasi. Nyeri juga dapat meningkat seiring waktu. Tanda dan gejala umum endometriosis adalah:

• Dismenore
Nyeri panggul (pelvic) dan kram dapat muncul sebelum dan memperpanjang beberapa hari ke periode menstruasi. Kemungkinan juga mengalami sakit punggung bagian bawah dan perut.

• Nyeri Saat Berhubungan Seksual
Nyeri selama atau setelah berhubungan seksual adalah umum dengan endometriosis.

• Nyeri Dengan Buang Air Besar (BAB) Atau Kencing
Kemungkinan besar akan mengalami gejala-gejala ini selama periode menstruasi.

• Perdarahan Berlebihan
Kemungkinan mengalami periode menstruasi berat sesekali atau perdarahan diantara periode (perdarahan intermenstrual).

• Infertilitas (Kemandulan)
Terkadang endometriosis pertama kali didiagnosis pada saat pengobatan untuk infertilitas (kemandulan).

• Tanda Dan Gejala Lainnya
Kemungkinan mengalami kelelahan, diare, sembelit, kembung atau mual terutama selama periode menstruasi.

Tingkat keparahan rasa sakit belum tentu merupakan indikator yang dapat diandalkan mengenai sejauh mana kondisi tersebut. Menderita endometriosis ringan dengan nyeri yang hebar atau menderita endometriosis lanjut dengan sedikit atau tanpa adanya rasa sakit. Endometriosis terkadang keliru untuk kondisi lain yang dapat menyebabkan nyeri panggul (pelvic) seperti penyakit radang panggul (PID) atau kista ovarium.

Bagaimana Mendiagnosis Endometriosis?

Untuk mendiagnosis endometriosis dan kondisi lain yang dapat menyebabkan nyeri panggul (pelvic) konsultasikan dengan dokter mengenai gejalanya termasuk area rasa sakit dan terjadinya. Tes atau pengujian untuk memerksa endometriosis adalah:

• Tes atau pengujian panggul (pelvic).
• Ultrasonografi.
• Magnetic Resonance Imaging (MRI).
• Laparoskopi.

Endometriosis Adalah01

Cara Mengobati Endometriosis Dengan Cepat

Pengobatan untuk endometriosis biasanya melibatkan pengobatan atau operasi. Pengobatan tergantung pada seberapa parah tanda dan gejalanya. Dokter biasanya merekomendasikan pengobatan konservatif terlebih dahulu dan memilih operasi jika pengobatan awal gagal. Hormon tambahan terkadang efektif dalam mengurangi atau menghilangkan nyeri endometriosis.

Naik turunnya hormon selama siklus menstruasi dapat menyebabkan implan endometrium menebal, rusak dan berdarah. Pengobatan hormon dapat memperlambat pertumbuhan jaringan endometrium dan mencegah implan baru jaringan endometrium. Terapi hormon bukanlah sebuah perbaikan yang permanen untuk endometriosis dan bisa mengalami gejala kembali setelah pengobatan terhenti.

Untuk pengobatan endometriosis ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Sudah banyak penderita endometriosis melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh. Dengan biaya yang sangat terjangkau, selain itu ditangani secara langsung oleh dokter yang sudah ahli dan berpengalamn di dalam bidangnya serta dibantu dengan peralatan yang sudah canggih dan modern. Hubungi kami di nomor 081233881616 atau dibawah ini.