Gejala Penyakit Menular Seksual Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit dengan nama trichomonas vaginalis. Penyakit ini menjadi salah satu jenis infeksi kelamin yang sering menyerang kaum wanita. Walaupun bukan masalah yang fatal, naming dapat memicu komplikasi, seperti ketidaksuburan dan infeksi jaringan kulit pada vagina wanita.

Trikomoniasis bisa menyerang kalangan wanita dan pria, namun wanita muda yang aktif berhubungan seksual rentan tertular, karena infeksi ini menular melalui hubungan intim. Meski dapat diobati, namun trikomoniasis membuat tidak nyaman dan bisa menyebabkan komplikasi yang lebih parah.

Deteksi sejak dini merupakan cara terbaik untuk kendalikan penyakit dan dapatkan bantuan medis yang tepat. Bagi kalangan wanita, dengan mengetahui gejalanya tentu dapat memastikan perawatan yang cepat dan tepat.

Baca juga: KENALI PENULARAN PENYAKIT MENULAR SEKSUAL SECARA UMUM

Apa Saja Gejala Trikomoniasis?

Jadi trikomoniasis sering kali tidak menimbulkan gejala yang dirasakan. Beberapa sumber mengatakan hanya ada beberapa kalangan yang memperoleh tanda dan gejala. Pada sebuah penelitian, wanita yang terserang dampak tidak mempunyai gejala sama sekali. Gejala tersebut pada umumnya hanya akan muncul di hari kelima atau sebulan setelah terserang infeksi.

Walaupun demikian, banyak kalangan yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terserang parasit, sehingga tak melakukan penanganan sejak dini. Jika Anda mengalami tanda dan gejala yang akan kami sebutkan ini, segera periksakan ke dokter untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

1.Keputihan yang tidak biasa

Salah satu tanda dari trikomoniasis pada kalangan wanita yakni timbulnya keputihan yang tidak seperti biasanya. Sebab cairan vagina yang muncul cukup banyak dan mempunyai tekstur yang berbusa. Warnanya bisa hijau, kuning atau abu-abu. Gejala ini pada umumnya muncul dalam beberapa waktu setelah terserang.

2.Vagina gatal

Wanita yang terserang trikomoniasis juga akan alami gatal di dalam sekitar vagina, rasa gatal tersebut muncul sesekali dan menyebar. Rasanya bahkan bisa terjadi di lipatan bibir.

3.Vagina berbau

Pengindap penyakit menular seksual trikomoniasis akan memperoleh bau pada vaginanya, biasanya berkembang dari jaringan ringan hingga kuat. Bau yang timbul yakni seperti bau busuk dan amis, terutama setelah mandi atau ketika mencuci vagina.

penyakit menular seksual

4.Nyeri perut bawah

Jika trikomoniasis masuk dalam stadium lanjut, biasanya terjadi 20 hari atau lebih setelah terserang, benjolan merah dapat menyebar di bagian dinding vagina. Hal ini disebabkan oleh parasit yang semakin berkembang. Benjolan ini bisa sebabkan hubungan seksual terasa nyeri dan sakit dibagian perut bawah. Sensasi ini pada umumnya akan segera mereda setelah penderita melakukan perawatan.

5.Vagina iritasi atau luka

Jika daerah vagina terasa gatal yang berlebihan sampai Anda ingin menggaruknya, ini bisa menyebabkan radang atau luka terbuka yang menyakitkan dan kemungkinan sulit untuk disembuhkan. Pada kondisi yang semakin parah, infeksi ini bisa menimbulkan benjolan merah di bagian bawah kulit. Ini bisa membuat area vagina Anda menjadi semakin gatal.

Bagaimana Cara Agar Tidak Tertular Trikomoniasis

Seperti penyakit menular seksual lainnya, trikomoniasis bisa dicegah dengan tidak bergonta ganti pasangan seks. Pastikan anda selalu menggunakan pengaman ketika berhubungan seks, jika tidak yakin pasangan Anda bersih dari penyakit kelamin.

Selain itu, pastikan vagina Anda bersih dari bakteri dan parasit penyebab penyakit menular seksual, jangan lupa bersihkan vagina dengan pembersih khusus kewanitaan setelah berhubungan seks dan ketika sedang haid, dimana vagina memang sangat rentan terserang infeksi.

Hindari pembersih vagina yang mengandung sabun karena bisa mengganggu keseimbangan PH pada vagina. Jika ingin membasmi bakteri hingga tuntas, pembersih yang mengandung povidone-iodine bisa dijadikan pilihan.

Jika Anda merasa terganggu dengan tanda dan gejala yang muncul, lakukan konsultasi sekarang juga bersama kami di Klinik Apollo terbaik Jakarta. Untuk reservasi Anda bisa hubungi 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyakit menular seksual, semoga bermanfaat.