Macam Macam Penyakit Kelamin Menular Wanita

Macam macam penyakit kelamin sebenarnya dapat menyerang siapapun, baik kalangan pria atau wanita sekalipun, apalagi kalangan yang aktif berhubungan seksual. Meskipun ada beberapa jenis infeksi seksual yang bisa diatasi dengan obat-obatan, namun bukan berarti masalah ini bisa disepelekan.

Baca juga: GEJALA PENYAKIT MENULAR SEKSUAL TRIKOMONIASIS

Apa Saja Macam Macam Penyakit Kelamin Menular Wanita?

Sebab, jika tidak segera diatasi, infeksi seksual dapat menyebabkan komplikasi yang semakin serius. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk mewaspadai infeksi seksual. Dibandingkan kalangan pria, wanita cenderung rentan terserang infeksi seksual. Nah kira-kira apa yang menjadi alasan hal tersebut. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Gejala infeksi seksual pada umumnya terlihat jelas pada kalangan pria, yakni adanya peradangan dan keluarnya sekresi seperti nanah. Namun bagi wanita, ada beberapa jenis penyakit yang tidak mengeluarkan tanda awal sama sekali, hingga kondisinya menjadi semakin parah, lalu baru menimbulkan gejala.

Macam macam penyakit kelamin yang tidak menimbulkan gejala atau hanya mempunyai sedikit tanda yakni gonore dan klamidia. Kedua jenis penyakit ini dapat menyebabkan dampak yang mengganggu dan menyerang organ dalam area pelvis juga sudah semakin parah.

macam macam penyakit kelamin

1.Infeksi mudah terjadi pada vagina

Dibandingkan penis, vagina mempunyai kondisi serta bentuk kulit yang cukup sensitive. Maka dari itu mengapa wanita menjadi mudah mengalami infeksi jika mempunyai masalah pada kelembaban, luka atau PH. Infeksi ini mungkin dapat segera sembuh dengan sendirinya, namun penderita akan beresiko mengalami berulang kali setiap bulannya.

2.Kondisi anatomi pada vagina

Jika dilihat secara anatomi, bentuk area vital wanita dan pria berbeda. Alat kelamin pria tidak terbuka lebar seperti wanita. Kalangan wanita mempunyai area vulva yang berdiri dari klitoris dan labia yang terbuka lebar, sehingga akan membuat infeksi bisa masuk dengan mudah.

Dibandingkan kalangan pria, kondisi organ seksual wanita pun lebih lembab. Hal tersebut sebenarnya membawa banyak manfaat, karena membuat bakteri baik dapat berkembang dengan mudah di dalam vagina. Namun kemungkinan bakteri infeksi tumbuh pun semakin besar.

3.Salah mendeteksi penyakit

Gejala infeksi seksual yang dialami kalangan wanita pada umumnya merasa perih, terdapat sensasi panas yang menyebar di area pelvis, dan nyeri. Beberapa infeksi bahkan dapat menyebabkan cairan tidak normal dengan aroma tidak sedap.

Nah tanda dan gejala ini sering membuat wanita bingung untuk mendeteksi macam macam penyakit kelamin yang mereka alami. Akibatnya, wanita cenderung mengatasi dengan konsumsi obat-obatan yang tidak tepat. Jika kondisinya seperti ini, infeksi seksual dapat menjadi kondisi yang semakin bertambah parah.

4.Wanita mengalami menstruasi

Seorang wanita yang sudah dewasa akan mengalami masa haid setiap bulannya. Darah yang keluar ketika menstruasi sangat kotor dan mudah ditumbuhi bakteri. Jika wanita tidak dapat menjaga kebersihan organ intimnya ketika menstruasi, resiko terserang macam macam penyakit kelamin menjadi semakin tinggi. Infeksi seperti bacterial vaginosis hingga keputihan pathogen dapat timbul akibat masalah tersebut.

5.Menjaga kebersihan area genital wanita lebih rumit

Dibandingkan kalangan pria, menjaga kebersihan vagina memang lebih sulit dan cukup merepotkan. Banyak hal yang harus diperhatikan dengan baik, mulai dari cara membersihkan dari arah yang benar, tidak di bolehkan menggunakan sabun yang mengandung pewangi, hingga larangan untuk memasukan cairan pembersih atau sejenis douching ke vagina Anda.

Jika Anda mengalami tanda dan gejala yang mengganggu segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk dapatkan penanganan terjamin. Untuk reservasi, Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai macam macam penyakit kelamin, semoga bermanfaat.