Memahami Ciri Seorang Wanita Mandul

Setelah menikah, mempunyai anak menjadi impian bagi semua pasangan suami dan isrti, bagaimana ciri mandul pada wanita?. Sayangnya, terkadang masalah kesuburan dapat menghalangi semua harapan tersebut. Banyak tanda wanita mandul yang tidak disadari dan dapat menghambat keinginan mempunyai anak.

Wanita bisa dikatakan mandul jika ia tidak dapat hamil setelah berhubungan seksual tanpa menggunakan pengaman apapun selama enam bulan sampai satu tahun, namun tidak menunjukan tanda-tanda kehamilan.

Pada umumnya mandul disebabkan oleh gagalnya ovarium premature, yakni sebuah kondisi hilangnya fungsi normal pada ovarium sebelum menginjak usia 40 tahun. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh masalah hormone, gangguan serviks, dan kondisi lainnya.

konsultasi

Bagaimana Ciri Seorang Wanita Mandul?

Terdapat banyak jenis perawatan yang tersedia untuk mengatasi mandul pada kalangan wanita, penderita bisa sesuaikan dengan penyebabnya. Tanda wanita mandul yang perlu diketahui:

1.Siklus haid yang tidak normal

Jika seorang wanita mengalami perdarahan lebih berat dan ringan dari biasanya, hal ini harus diwaspadai. Sebab ini merupakan tanda adanya masalah di bagian organ reproduksi yang akan membuat wanita menjadi kesulitan hamil.

2.Mengalami nyeri akut ketika haid

Nyeri panggul, kram, dan punggung dapat menjadi salah satu tanda wanita mandul. Karena pada umumnya hal tersebut berhubungan dengan masalah kesehatan di bagian reproduksi, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui berbagai jenis penyebabnya.

3.Perubahan warna kulit

Terkadang, kalangan wanita mandul mempunyai hubungan dengan hormone. Dalam hal tersebut, gejalanya termasuk perubahan warna kulit, salah satu contohnya mempunyai banyak jerawat. Kemudian tumbuh rambut gelap di bagian dada, dagu dan bibir. Bahkan beberapa dari mereka juga mengalami rambut rontok yang mulai menipis.

konsultasi

mandul

Tips Mencegah Faktor Risiko Mandul Pada Wanita

Menjaga berat badan tetap ideal

Wanita yang mempunyai kelebihan berat badan atau terlalu kurus mempunyai peningkatan resiko terserang gangguan ovulasi. Bagi kalangan obesitas, disarankan untuk menjalankan diet sehat dan olahraga teratur. Sedangkan bagi kalangan yang terlalu kurus, disarankan untuk menambah berat badan hingga ideal sesuai dengan ketentuan Bmi.

Berhenti merokok

Tembakau mempunyai banyak sekali efek negative pada proses kesuburan, belum lagi kesehatan Anda dan janin harus diperhatikan dengan baik. Agar peluang kehamilan menjadi semakin besar, jauhi rokok, hal ini bahkan berlaku kepada suami.

Hindari alcohol

Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan bisa menyebabkan turunnya kesuburan seseorang. Alkohol juga bisa menurunkan kualitas sperma pada kalangan suami, sehingga kesempatan mempunyai keturunan semakin rendah.

konsultasi

Kurangi stress

Beberapa penelitian menunjukan bahwa pasangan yang mengalami stress secara psikologis mempunyai dampak buruk dan menambah potensi kemandulan pada seseorang. Maka dari itu, Anda bisa mencari cara untuk mengurangi stress dalam menjalankan hidup sebelum merencanakan untuk hamil dan mempunyai keturunan.

Batasi kafein

Sebuah penelitian menunjukan bahwa dengan membatasi asupan kopi dalam sehari dapat mencegah seorang wanita mengalami kondisi mandul. Disarankan wanita minum kopi maksimal sehari 2 kali.

Nah diatas beberapa ciri wanita yang mengalami mandul, Anda bahkan bisa mencegahnya dengan beberapa tips mudah tersebut. Namun apabila masalah tidak kunjung usai, Anda bisa segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut mengenai kondisi tersebut.

Klinik Apollo terbaik Jakarta akan memberi penanganan berkualitas kepada seluruh pasien yang telah percayakan kami. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, segera hubungi kontak person 081233881616. Demikian mengenai ciri mandul pada kalangan wanita dan berbagai cara mencegahnya, semoga informasi ini memberi banyak manfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.