Sakit Ketika Menstruasi, Gejala Endometriosis

Gejala endometriosis merupakan sebuah kelainan pada jaringan endorium yang melapisi bagian dalam rahim. Kondisi ini terjadi ketika jaringan yang seharusnya tumbuh pada rahim, justru tumbuh di luar dinding rahim.

Walaupun tumbuh di luar tempatnya, jaringan endometrium masih melakukan siklus normal seperti ketika tumbuh dalam rahim. Jaringan akan menebal kemudian luruh menjadi darah ketika siklus memasuki masa haid.

Namun karena tumbuh dibagian luar rahim, maka jaringan akan terjebak dan darah yang luruh bisa dikeluarkan dari tubuh. Gejala endometriosis bisa menyebabkan terjadinya kista pada ovarium yang biasa disebut dengan istilah endometrioma.

Baca juga: PENYAKIT ENDOMETRIOSIS APAKAH BISA DIOBATI?

Bagaimana Gejala Endometriosis Pada Wanita

Jika masalah ini terjadi, jaringan di sekitarnya bisa ikut cedera dan membentuk jaringan parut, sehingga menjadikan organ saling menempel. Gejala endometriosis bisa menyebabkan masalah kesuburan pada wanita dan menimbulkan sensasi nyeri ketika haid. Penyakit ini bisa mempengaruhi indung telur, jaringan pada tulang panggul, dan usus.

1.Sakit ketika menstruasi

Jika Anda menderita penyakit ini, Anda akan mengalami nyeri ketika haid. Sakitnya tidak akan berkurang walaupun sudah minum obat. Rasa nyeri bisa menyebar hingga ke bagian punggung dan menyebabkan kram yang cukup parah di perut, hingga Anda tidak mampu bergerak. Pada umumnya, nyeri tersebut akan muncul sebelum haid, hingga beberapa hari setelah haid.

gejala endometriosis

2.Perdarahan

Endometriosis dapat menyebabkan penderitanya mengalami pendarahan berlebihan ketika haid. Seringkali, darah yang keluar mengandung gumpalan sehingga Anda terpaksa harus mengganti pembalut lebih sering. Terkadang penderita juga bisa mengeluarkan darah di luar siklus haid.

3.Sulit hamil

Menurut beberapa sumber, gejala endometriosis bisa mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Sering terjadi, seorang wanita tidak tahu dirinya mengidap penyakit ini, hingga menyadari bahwa dirinya kesulitan hamil dan memeriksakan kondisi ke dokter.

4.Sakit ketika buang air

Penyakit yang menyerang rahim ini terkadang bisa mempengaruhi sistem sekresi pada usus. Akibatnya, terjadi pembengkakan pada area kandung kemih dan usus. Hal ini akan membuat Anda merasa nyeri ketika buang air kecil atau besar. Endometriosis bisa menyebabkan diare dan sembelit disertai darah pada kotoran.

5.Sakit ketika berhubungan seksual

Salah satu gejala penderita endometriosis yakni merasakan nyeri ketika berhubungan seksual. Rasa sakit ini bergantung pada letak endometriosis Anda, jika infeksi terjadi di belakang vagina atau rahim bahwa akan mempengaruhi saraf pada ikatan dalam rahim.

Maka penderitanya akan mengalami rasa nyeri ketika proses penetrasi. Pada kasus yang semakin parah, wanita tetap merasa nyeri walaupun hubungan seksual telah usai. Bahkan hingga beberapa hari setelahnya.

Penyebab Penyakit Endometriosis

Tumbuhnya sel embrio

Sel yang melapisi rongga dalam perut dan panggul berasal dari sel embrio. Jika ada di daerah lapisan tersebut, dimana selnya akan berubah menjadi jaringan endometrium, hal ini dapat memicu timbulnya penyakit endometriosis.

Menstruasi retrograde

Dalam siklus haid retrograde, darah haid yang membawa sel endometrium akan mengalir melalui saluran falopi menuju rongga panggul dan tidak dikeluarkann oleh tubuh. Sel ini yang akan menempel pada dinding panggul dan permukan sekitar panggul. Sel ini yang akan terus menebal dan tumbuh setiap kali Anda masuk siklus haid.

Bekas operasi

Jika seorang wanita pernah menjalani operasi sesar atau proses pengangkatan rahim, sel endometrium bisa menempel pada luka bekas sayatan ketika operasi tersebut dijalankan. Sel endometrium yang tumbuh di luar semestinya menyebabkan pembuluh darah dapat mengangkat sel endometrium ke bagian lain dan menimbulkan penyakit endometriosis.

Jika Anda mempunyai keluhan kondisi berikut ini, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta untuk dapatkan penanganan terjamin. Anda bisa lakukan reservasi sekarang juga di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai gejala endometriosis, semoga bermanfaat.