Penyakit Endometriosis Apakah Bisa Diobati?

Penyakit endometriosis adalah kondisi ginekologis yang tidak dapat disembuhkan akan tetapi dapat dikelola. Jaringan endometrium terdiri dari kelenjar, sel darah dan jaringan ikat. Implan endometrium adalah penumpukan jaringan endometrium yang tumbuh di area di luar rahim. Ketika tumbuh di luar rahim disebut penyakit endometriosis. Penyakit endometriosis dapat berkembang dimana saja di tubuh akan tetapi biasanya terjadi di area panggul (pelvic).

Pengertian Penyakit Endometriosis

Penyakit endometriosis terjadi ketika implan endometrium terdiri dari jaringan yang biasanya ditemukan di dalam rahim terdapat di area lain dari tubuh. Ketika jringan terus menebal, memecah, merespons hormon siklus menstruasi dan berdarah selama siklus menstruasi, penyakit ini terbentuk jauh di dalam tubuh. Jaringan parut dan adhesi terbentuk dan ini dapat menyebabkan fusi organ dan perubahan anatomi. Penyakit ini mempengaruhi sebagian wanita yang berusia antara 15 tahun hingga 44 tahun.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Ini?

Penyebab pasti penyakit ini belum sepenuhnya dipahami. Namun berikut ini kemungkinan dapat meliputi:

• Masalah Dengan Aliran Menstruasi
Darah haid memasuki saluran tuba dan panggul (pelvic) bukannya meninggalkan tubuh dengan cara biasa.

• Penambahan Sel Embrionik
Terkadang sel-sel embri yang melapisi perut dan panggul (pelvic) berkembang menjadi jaringan endometrium di dalam rongga-rongga tersebut.

• Perkembangan Janin
Penyakit ini dapat ditemukan pada janin yang sedang berkembang, akan tetapi kadar hormon estrogen pubertas diduga memicu gejala.

• Bekas Luka Bedah
Sel endometrium dapat bergerak selama prosedur seperti histerektomi atau operasi caesar.

• Pengangkatan Sel Endometrium
Sistem limfatik mengangkut sel-sel endometrium ke berbagai bagian tubuh.

• Genetika
Kemungkinan ada komponen yang diturunkan. Wanita dengan anggota keluarga yang dekat menderita penyakit ini kemungkinan dapat mengembangkan penyakit ini sendiri.

• Hormon
Penyakit ini dirangsang oleh hormon estrogen.

• Sistem Kekebalan
Masalah dengan sistem kekebalan dapat mencegah kerusakan jaringan penyakit ekstrauterin.

Tanda-Tanda Penyakit Endometriosis

Kondisi medis lainnya seperti penyakit radang panggul (PID), kista ovarium dan sindrom iritasi usus besar dapat meniru gejala penyakit ini. Gejala penyakit ini dapat meliputi:

• Kram menstruasi yang parah dan tidak hilang dengan OAINS.
• Sakit punggung bawah dan panggul (pelvic) dalam jangka panjang.
• Periode berlangsung lebih lama dari 7 hari.
• Perdarahan menstruasi berat dimana bantalan atua tampon perlu di ganti setiap 1 jam hingga 2 jam.
• Masalah usus dan kencing termasuk nyeri, diare, sembelit dan kembung.
• Cairan yang keluar atau urine yang keluar berdarah.
• Mual dan muntah.
• Kelelahan.
• Nyeri saat berhubungan intim.
• Bercak atau berdarah antar periode.

Nyeri adalah indikasi penyakit yang paling umum akan tetapi keparahan nyeri tidak selalu berkolerasi dengan luasnya penyakit. Nyeri sering hilang setelah menopause, ketika tubuh berhenti memproduksi produksi hormon estrogen. Namun jika terapi hormon digunakan selama menopause, gejalanya kemungkinan menetap. Kehamilan dapat memberikan bantuan sementara dari gejala.

Bagaimana Cara Tepat Mendiagnosisnya?

Diagnosis dapat menjadi tantangan karena tidak ada tes atau pengujian tunggal untuk evaluasi. Salah 1 cara untuk mengkonfirmasi kondisi ini adalah dengan menjalani laparoskopi bedah. Laparoskopi bedah adalah prosedur incasif yang minim dimana tabung yang tipis dan terang terpasang disebut laparoskop yang dimasukkan melalui sayatan yang kecil di area panggul (pelvic). Diagnosis dikategorikan sebagai berikut:

• Tahap 1 : luka yang minim dan terisolasi.
• Tahap 2 : luka yang ringan kemungkinan ada beberapa dan adhesi kemungkinan dilakukan.
• Tahap 3 : luka yang moderat dalam atau dangkal dengan adhesi yang jelas.
• Tahap 4 : luka multiple dan parah, baik dangkal maupun dalam dengan ashesi yang menonjol.

Memerlukan bertahun-tahun untuk menerima diagnosis. Diagnostik lain yang kemungkinan termasuk adalah pemeriksaan panggul (pelvic), radiologis dengan ultrasound atau resonansi amgnetik (MRI) dan penggunaan obat-obatan tertentu termasuk pengontrol kelahiran atau agonis hormon pelepas gonadotropin (GnRH).

Penyakit Endometriosis01

Pengobatan Umum Penyakit Endometriosis

Pembedahan kemungkinan dilakukan akan tetapi biasanya dipertimbangkan hanya jika pengobatan lain tidak efektif. Pemilihan pengobatan lain dapat termasuk:

• Pengobatan Penghilang Rasa Sakit
Pengobatan antiinflamasi non steroid (OAINS) bebas resep (NSAID) atau pengobatan resep untuk pengobatan menstruasi yang menyakitkan.

• Hormon
Pengobatan kemungkinan dengan terapi hormon seperti pengontrol kelahiran hormon, agonis dan hormon pelepas gonadotropin (Gn-RH), medagonis dan antagonis. Penempatan alat kontrasepsi (IUD) juga dapat direkomendasikan.

• Pembedahan
Pembedahan awal akan berupaya untuk menghilangkan area penyakit endometriosis akan tetapi histerektomi dengan pengangkatan ke 2 ovarium kemungkinan diperlukan.

• Pengobatan Kesuburan
Kehamilan dapat direkomendasikan melalui fertilisasi in vitro (IVF).

Namun untuk lebih jelas lagi Anda bisa menghubungi kami di Klinik Apollo dengan nomor 081233881616 atau bisa juga dengan melalui layanan konsultasi online gratis seperti dibawah ini. Melakukan pengobatan di Klinik Apollo sangat terjangkau biasanya. Selain itu pelayanan yang dilakukan sangat baik.